Kamis, 16 Januari 2014

Inertial Navigation System

                                                 INERTIAL NAVIGATION SYSTEM (INS)

    Inertial Navigation System memberikan informasi untuk keperluan navigasi (perpindahan tempat). INS adalah sistem yang sepenuhnya berada dalam pesawat yang dapat  memberikan informasi navigasi yang teliti dalam bermacam jenis cuaca tanpa memperoleh masukan dari station di permukaan bumi (ground station).
     INS berfungsi untuk menuntun pesawat dari satu titik ke titik landasan yang lain tanpa menggunakan ground station. INS bekerja berdasarkan gyro accecoremeter dari koordinat bumi. Alat ini bekerja selalu tegak lurus dengan gravitasi bumi, seingga selalu mendapatkan posisi level. Komputer INS menunjukan posisi pesawat dalam ketinggian (Altitude dan Longitude) serta arah pesawat terhadap utara bumi (Heading).
     INS memiliki dua bagian yaitu, bagian unit utama dan unit tambahan. Kedua bagian itu bekerja sama satu sama lain untuk menghasilkan informasi navigasi. Unit-unit itu meliputi:
1.       Unit Utama bagian INS:
A.      Control display unit (CDU)
CDU berfungsi untuk memasukan data melalui keyboard berupa way point dan present position sekaligus menampilkan data-data navigasi yang berada pada INU (Inertial Navigation Unit). CDU terletak di sudut kiri atas dari flight pedestal .
B.      Mode selector unit (MSU)
Berfungsi untuk mengoperasikan bekerjanya suatu sistem INS dan mengontrol  operasi kerja INS. MSU terletak pada flight control pedestal
C.      Search mode unit
Berfungsi untuk mengoperasikan INS di dalam sistem pencarian (daerah) dan penyelamatan (SAR) atau pemetaan.
D.      Inertial navigation unit (INU)
Berfungsi untuk mengolah data dan informasi yang dimasukan melalui CDU. INU berisi inertial platform, platform electronic dan general purposes digital computer. INU terletak pada supply rack dibawah electrical control.
2.       Unit tambahan:
A.      INU fan dan inverter
Inu fan terletak berdekatan dengan INU. Fan, berputar secara otomatis apabila MSU on. Inverter memberikan 26Vdc 400Hz power pada fan. Jika rusak, INS fan warning menyala pada pilot instrument.
B.      Battery unit (BU)
BU melindungi INS terhadap kerusakan power. BU berfungsi untuk memback up power 27,5 – 28Vdc secara otomatis apabila power pada pesawat menurun. BU terletak di supply rack dibawah electrical control, BU hanya dapat beroperasi selama 15 menit.
C.      Altitude selector switch
Ketika switch ATT ditekan attitude sinyal dikirim dari INU. Ketika switch gyro ATT ditekan attitude sinyal dikirim dari flight director gyro.
D.      Navigation selector unit
Terletak pada sisi kanan dari pilot instrument panel.
E.       Inertial  navigation instrument switching panel
Terletak pada bawah rack. Sistem ini berhubungan dengan flight director system.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar