Kamis, 16 Januari 2014

C-12 Compass

C – 12 Compass

C -12Compass digunakan untuk mendapat heading (sudut pesawat terhadap utara bumi yang sebenarnnya) yang akurat.
Kompas dibagi menjadi lima bagian diantarannya :
a.    Magnetic Azimuth Detector
Terletak diujung sayap pesawat, di wing tip kiri dan wing tip kanan. Berfungsi untuk membantu sinkronisasi pada sistem kompas pesawat dengan magnet utara bumi digabungkan secara electrical mendeteksi arah horizontal medan magnet bumi, longitudinal pesawat disesuaikan dengan keadaan.

b.    Remote Magnetic Compensator
Berfungsi sebagai penyaring untuk input yang diperlukan untuk sistem C – 12 Compass dan mempunyai 4 eror yaitu:
1)    One Cycle Eror
Yang disebabkan oleh medan magnet pewsawat
2)    Coriolis Eror
Yang disebabkan oleh rotasi bumi
3)    Indeks Eror
Yang disebabkan oleh tidak seimbangnnya listrik atau tegangan sinkronisasinya antara flux valve dgn pesawat
4)    Transmision Eror
Yang disebabkan oleh tidak seimbangnnya listrik atau tegangan amplifier pada sistem kompas pesawat.

c.    Amplifier Power Supply
Berfungsi menghasilkan power, untuk membantu sistem C – 12 Amplifier power supply dan untuk meningkatkan signal indicator.

d.    Directional Gyroscope
DG memberikan reference data untuk membantu heading informasi yang dikembangkan oleh C – 12 Compass. Pada MAG mode magnetic. Heading dideteksi oleh magnetic Azimuth detector serta pengontrol gyroscope. Pada DG mode tidak ada informasi heading yang digunakan. Sistem beroperasi tergantung pada gyroscope untuk menunjukkan heading.





e.    Digital Controller
Semua kontrol untuk sistem kompas ada pada digital controller yang terletak di instrument panelnavigator. Control yang terdapat pada instrumen ini antara lain :
1)    Lattitude NS switch
NS : North South
Posisi N terletak di Utara Khatulistiwa
Posisi S terletak di Selatan Khatulistiwa
2)    Lattitude knob
Bila Lattitude Knob diset di pesawat tegangan Lattitude dapat dibetulkan dan akan dihubungkan ke Coriolis Connection dan dapat membuat Lattitude yang tepat. Lattitude dapat di jush dari Oº sampai dengan 90º
3)    Syncronisasi knob
Digunakan untuk mensinkronisasikan signal dengan heading pesawat asli bila kompas pertama kali on.
4)    MAG, DG SWITCH
MAG MODE  : Digunakan pada Lattitude kurang dari 60º
DG MODE     : Digunakan pada Lattitude di atas 60º


Tidak ada komentar:

Posting Komentar