INERTIAL NAVIGATION SYSTEM (INS)
Inertial
Navigation System memberikan informasi untuk keperluan navigasi (perpindahan
tempat). INS adalah sistem yang sepenuhnya berada dalam pesawat yang dapat memberikan informasi navigasi yang teliti
dalam bermacam jenis cuaca tanpa memperoleh masukan dari station di permukaan
bumi (ground station).
INS berfungsi
untuk menuntun pesawat dari satu titik ke titik landasan yang lain tanpa
menggunakan ground station. INS bekerja berdasarkan gyro accecoremeter dari
koordinat bumi. Alat ini bekerja selalu tegak lurus dengan gravitasi bumi,
seingga selalu mendapatkan posisi level. Komputer INS menunjukan posisi pesawat
dalam ketinggian (Altitude dan Longitude) serta arah pesawat terhadap utara
bumi (Heading).
INS memiliki dua
bagian yaitu, bagian unit utama dan unit tambahan. Kedua bagian itu bekerja
sama satu sama lain untuk menghasilkan informasi navigasi. Unit-unit itu
meliputi:
1.
Unit Utama bagian INS:
A.
Control display unit (CDU)
CDU berfungsi untuk memasukan data melalui keyboard berupa way point dan
present position sekaligus menampilkan data-data navigasi yang berada pada INU
(Inertial Navigation Unit). CDU terletak di sudut kiri atas dari flight
pedestal .
B.
Mode selector unit (MSU)
Berfungsi untuk mengoperasikan bekerjanya suatu sistem INS dan mengontrol operasi kerja INS. MSU terletak pada flight
control pedestal
C.
Search mode unit
Berfungsi untuk mengoperasikan INS di dalam sistem pencarian (daerah) dan
penyelamatan (SAR) atau pemetaan.
D.
Inertial navigation unit (INU)
Berfungsi untuk mengolah data dan informasi yang dimasukan melalui CDU.
INU berisi inertial platform, platform electronic dan general purposes digital
computer. INU terletak pada supply rack dibawah electrical control.
2.
Unit tambahan:
A.
INU fan dan inverter
Inu fan terletak berdekatan dengan INU. Fan, berputar secara otomatis
apabila MSU on. Inverter memberikan 26Vdc 400Hz power pada fan. Jika rusak, INS
fan warning menyala pada pilot instrument.
B.
Battery unit (BU)
BU melindungi INS terhadap kerusakan power. BU berfungsi untuk memback up
power 27,5 – 28Vdc secara otomatis apabila power pada pesawat menurun. BU
terletak di supply rack dibawah electrical control, BU hanya dapat beroperasi
selama 15 menit.
C.
Altitude selector switch
Ketika switch ATT ditekan attitude sinyal dikirim dari INU. Ketika switch
gyro ATT ditekan attitude sinyal dikirim dari flight director gyro.
D.
Navigation selector unit
Terletak pada sisi kanan dari pilot instrument panel.
E.
Inertial
navigation instrument switching panel
Terletak
pada bawah rack. Sistem ini berhubungan dengan flight director system.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar