C –
12 Compass
C
-12Compass digunakan untuk mendapat heading (sudut pesawat terhadap
utara bumi yang sebenarnnya) yang akurat.
Kompas
dibagi menjadi lima bagian diantarannya :
a.
Magnetic
Azimuth Detector
Terletak diujung sayap
pesawat, di wing tip kiri dan wing tip kanan. Berfungsi untuk membantu
sinkronisasi pada sistem kompas pesawat dengan magnet utara bumi digabungkan
secara electrical mendeteksi arah horizontal medan magnet bumi, longitudinal pesawat disesuaikan dengan
keadaan.
b.
Remote
Magnetic Compensator
Berfungsi sebagai penyaring
untuk input yang diperlukan untuk sistem C – 12 Compass dan mempunyai 4 eror
yaitu:
1)
One
Cycle Eror
Yang disebabkan oleh medan magnet pewsawat
2)
Coriolis
Eror
Yang disebabkan oleh rotasi bumi
3)
Indeks
Eror
Yang disebabkan oleh tidak seimbangnnya
listrik atau tegangan sinkronisasinya antara flux valve dgn pesawat
4)
Transmision
Eror
Yang disebabkan oleh tidak seimbangnnya
listrik atau tegangan amplifier pada sistem kompas pesawat.
c.
Amplifier
Power Supply
Berfungsi menghasilkan
power, untuk membantu sistem C – 12 Amplifier
power supply dan untuk meningkatkan signal
indicator.
d.
Directional
Gyroscope
DG memberikan reference data
untuk membantu heading informasi yang
dikembangkan oleh C – 12 Compass. Pada MAG
mode magnetic. Heading dideteksi oleh magnetic Azimuth detector serta
pengontrol gyroscope. Pada DG mode tidak ada informasi heading yang digunakan. Sistem
beroperasi tergantung pada gyroscope
untuk menunjukkan heading.
e.
Digital
Controller
Semua kontrol untuk sistem
kompas ada pada digital controller
yang terletak di instrument
panelnavigator. Control yang terdapat pada instrumen ini antara lain :
1)
Lattitude
NS switch
NS : North
South
Posisi N terletak di Utara Khatulistiwa
Posisi S terletak di Selatan Khatulistiwa
2)
Lattitude
knob
Bila Lattitude
Knob diset di pesawat tegangan Lattitude dapat dibetulkan dan akan
dihubungkan ke Coriolis Connection dan
dapat membuat Lattitude yang tepat. Lattitude dapat di jush dari Oº sampai
dengan 90º
3)
Syncronisasi
knob
Digunakan untuk mensinkronisasikan signal
dengan heading pesawat asli bila kompas pertama kali on.
4)
MAG, DG SWITCH
MAG
MODE : Digunakan pada
Lattitude kurang dari 60º
DG
MODE :
Digunakan pada Lattitude di atas 60º
Tidak ada komentar:
Posting Komentar