AUTOMATIC FLIGHT
CONTROL SYSTEM (AFCS 105)
Flight control
system 105 adalah kombinasi dari 2 flight director dan sebuah auto pilot.
Flight director yang pertama adalah untuk pilot dan yang kedua untuk copilot.
Adapun pengertian dari auto pilot itu sendiri adalah suatu alat atau system
untuk mempermudah pilot menerbangkan pesawat pada saat take off, terbang level
dan landing secara otomatis serta selamat sampai tujuan. Bagian-bagian atau set
dari system auto pilot terdiri dari:
1. ADI (Attitude Director Indicator)
Untuk mengetahui sikap pesawat dari mulai take off sampai dengan landing.
2.
HSI (Horisontal Situation Indicator)
Untuk membimbing pesawat mendekati
landasan.
3. Mode Selector
Untuk memilih data-data navigasi yang di
inginkan pilot maupun copilot.
4. Auto pilot YDC
Untuk menghubungkan (enggade) antara yaw
damper (rudder) & auto pilot (aileron & elevator).
5. Yaw damper controller
Untuk mengontrol pergerakan rudder yang
menghasilkan gerakan yawing.
6. Flight director computer
Untuk menerima, mengolah, menyampaikan
seluruh data atau signal yang masuk, kemudian diberikan ke ADI & HSI.
7. Mode coupler
Untuk menerima signal dari flight
computer yang diberikan ke ADI dan
memberikan signal ke auto pilot amplifier untuk menggerakan elevator dan
aileron.
8. Auto pilot amplifier
Untuk menguatkan signal dari mode coupler
yang masuk sebelum ditampilkan ke ADI dan HSI sekaligus untuk mengontrol
pergerakan elevator dan aileron.
9. Vertical
gyro
Untuk mengetahui sudut up down serta
kemiringan pesawat yang di tampilkan di ADI serta sebagai acuan posisi level 0
derajat.
10. Remote heading & Course selector
Untuk memilih atau menentukan course dan
heading yang diinginkan oleh pilot.
11. Rate of turn sensor
Untuk mengontrol pergerakan pesawat pada
saat terbang yawing maupun belok, agar tidak terjadi slip (ke dalam) dan skid
(ke luar).
12. Air Data Control
Untuk merubah pitot static pressure menjadi
electrical signal.
13. Air speed sensor
Untuk menyaring udara yang masuk melalui
pitot static.
14. Acceleration sensor
Untuk mengontrol pergerakan vertical
pesawat.
AFCS ini mendapat input dari INS (Inertial
Navigation System). TACAN (Tactical Navigation System), C-12 Compas, VOR/ILS.
Adapun power yang digunakan oleh auto pilot ialah 28Vdc, 115Vac, 400Hz
Materi Sathar 23 nh
BalasHapusMateri Sathar 23 nh
BalasHapusThanks for sharing to your information :)
BalasHapus